.: PENAWARAN USAHA TERBARU SAAT INI :.

Bensin Blog ini

29 March 2010

Earth Hour dan Bio-Produk Agroindustri

Perubahan iklim merupakan salah satu ancaman kehidupan di Bumi yang paling signifikan. Satu cara untuk mengurangi percepatan pemanasan global adalah dengan membuat setiap individu melakukan perubahan gaya hidup. Untuk mencapai perubahan ini, kita sebagai organisasi harus dapat menunjukkan bahwa melakukan perubahan adalah sederhana dan mudah.

Ketergantungan manusia kepada listrik yang notabene paling banyak berasal dari pembangkit listrik berbahan bakar fosil dan mengeluarkan CO2 atau gas rumah kaca telah mengakibatkan kenaikan dramatis temperatur rata-rata Bumi sehingga menyebabkan naiknya air permukaan laut, musim kemarau panjang serta badai, dan perubahan besar-besaran terhadap lingkungan hidup yang telah menjadi sumber kehidupan kita.

Solusi
"Suatu kegiatan yang bertujuan membangun keterlibatan atau mengajak masyarakat luas melakukan aksi kecil yang dapat membawa suatu perubahan besar."

Apa itu Earth Hour
EARTH HOUR adalah salah satu kampanye WWF, organisasi konservasi terbesar di dunia, berupa inisiatif global yang mengajak individu, praktisi bisnis, pemerintah, dan sektor publik lainnya di seluruh dunia untuk turut serta mematikan lampu (hanya) dalam 1 jam, pada hari Sabtu, 27 Maret 2010 pukul 20.30 – 21.30 (waktu setempat).

EARTH HOUR berawal dari kampanye kolaborasi antara WWF-Australia, Fairfax Media, dan Leo Burnett untuk kota Sydney, Australia, dengan tujuan mengurangi gas rumah kaca di kota tersebut sebanyak 5% pada tahun 2007. Keberhasilan kampanye ini diharapkan agar dapat diadopsi oleh masyarakat, komunitas, bisnis, serta pemerintah lain di seluruh dunia sehingga seluruh warga dunia dapat membantu menunjukkan bahwa sebuah aksi individu yang mudah sekalipun bila dilakukan secara massal akan membuat kehidupan kita di Bumi menjadi lebih baik.

Apa pengaruh Earth Hour
Pada tahun 2008, 50 juta orang di 35 negara mematikan lampunya dalam aksinya mendukung EARTH HOUR. Pada tanggal 28 Maret 2009, ratusan juta orang di lebih dari 4000 kota besar dan kecil di 88 negara di seluruh dunia mematikan lampunya mendukung EARTH HOUR. EARTH HOUR 2009 menjadi gerakan lingkungan terbesar dalam sejarah. 

Earth Hour dan Agroindustry Bio-Product
Sebenarnya, gagasan utama kampanye ini adalah untuk meningkatkan kesadaran umum masyarakat atas kondisi linkungan kita. Namun demikian Earth Hour juga merupakan momentum strategis untuk :
  1. Mengingatkan masyarakat bahwa perubahan iklim juga berasal dari pembangkit listrik menggunakan bahan bakar fosil.
  2. Mempromosikan efisiensi energi di kota-kota dengan populasi dan konsumsi listrik yang tinggi.
  3. Membuat dan memicu kesadaran masyarakat tentang gaya hidup hemat energi di kota-kota besar lainnya di Indonesia, krisis pasokan listrik dan distribusi, serta potensi sumber listrik di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan masyarakat setempat, dalam perspektif yang lebih luas dapat juga mendorong perubahan dalam perilaku dan insentif bagi perekonomian.(www.earthhour.wwf.co.id)
Di sisi lain, sistem Agroindustri selalu berusaha membuat sesuatu yang baru untuk menambah nilai Produk Pertanian. Banyak Industri pertanian mencoba membuat bio-produk untuk mengurangi emisi gas CO2 dan mengurangi penggunaan bahan bakar fosil.

Sekarang ini, ada banyak produk bio yang dapat digunakan untuk mengurangi proses Pemanasan Global. Produk ini seperti : bio-plastik yang dapat terdegradasi secara mudah oleh bakteri pengurai tidak seperti plastik jenis lainnya, bahan bakar bio (bioetanol, biodiesel, biogases, biokerosene) yang mengklaim memiliki pembakaran yang lebih sempurna sehingga dapat mengurangi emisi gas CO dan produk bio lainnya yang lebih ramah lingkungan.

Ini berarti dengan menggunakan bio-produk, kita telah berpartisipasi dalam membudayakan Agroindustri, dan berpartisipasi dalam kampanye lingkungan tanpa harus mematikan lampu. (walaupun mematikan lampu di saat Earth Hour jauh lebih baik) =)

No comments:

Post a Comment

Daftar PTC Neobux