.: PENAWARAN USAHA TERBARU SAAT INI :.

Bensin Blog ini

05 April 2010

Inovasi Teh dan Asam Jawa

Kawan-kawan blogger, kali ini saya mau membahas tentang salah satu inovasi produk minuma kesehatan nih, semoga informasi yang ada di sini bisa bermanfaat dan memberikan inspirasi bagi yang membacanya. =)
Salah satu konsep melakukan inovasi adalah dengan menggabungkan dua hal yang berbeda menjadi suatu produk baru. Misalkan Pena dan Tipe-ex, hal ini tentunya merupakan suatu inovasi baru karena dengan adanya Pena yang disertai Tipe-ex, maka pengguna pena tidak perlu repot mencari Tipe-ex saat terjadi kesalahan dalam penulisan. Hal inilah yang mungkin mengilhami Inovasi Produk kali ini yaitu Teh - Asam Jawa.

Trend konsumen yang selalu menginginkan kondisi yang back to nature mungkin yang mengilhami ide kreatif ini. Dengan menggabungkan Teh dan Asam Jawa ini akan dihasilkan produk yang kaya khasiat alami dari kedua tanaman tersebut, sehingga inovasi minuman teh ini dapat menambah katalog janis minuman kesehatan yang sudah berada dipasaran luas.

Minuman kesehatan Teh-Asam jawa ini mengkombinasikan khasiat teh dengan khasiat asam jawa. Kedua jenis bahan ini mengandung antioksidan yang dapat menurunkan risiko penyakit kanker. Keunggulan produk ini adalah penggabungan manfaat antioksidan pada teh dan vitaminC pada asam jawa. Khasiat lain yang dapat diambil adalah sebagai minuman yang memberi manfaat pada kecantikan. Penggabungan dua bahan ini menghasilkan rasa yang unik. Keunggulan produk tersebut membuat teh-asam ini selain menyehatkan juga menyegarkan.

Tanaman teh (Camellia sinensis) merupakan tanaman yang tidak asing lagi di telinga kita. Teh biasa dimanfaatkan bagian daunnya Konsumsi teh di Indonesia ternyata relatif rendah yakni 0,2kg/kapita/tahun. Padahal Indonesia merupakan penghasil teh kelima terbesar di dunia setelah India, Cina, Sri Lanka dan Kenya.  Teh sebagai komoditi lokal, ternyata memiliki manfaat yang begitu besar. Minum teh paling tidak secangkir sehari dapat mengurangi resiko serangan jantung. Adapun kandungan teh beserta manfaatnya dapat dilihat pada Tabel 1.

                   Tabel 1. Daftar kandungan dan manfaat teh

Kandungan
Manfaat
Pholypenol
Melawan kanker, jantung, stroke,  memperlancar sistem sirkulasi, menguatkan pembuluh darah & menurunkan kadar kolesterol dalam darah, membantu dalam penambahan sel darah putih yang bertanggung jawab melawan bakteri.
Vitamin C
Mencegah dan melawan flu, menurunkan stress
Kafein
menghalau kantuk & kelelahan, tanpa menimbulkan efek samping seperti jantung berdebar
Vitamin E
Antioksidan

Sedangkan asam jawa (Tamarindus indica) merupakan sebuah kultivar daerah tropis dan termasuk tumbuhan berbuah polong. Asam jawa  juga merupakan salah satu komoditas lokal yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Manfaatnya antara lain dapat mengobati : asma, batuk, demam, sakit panas, reumatik, sakit perut, morbili; alergi/biduren, sariawan, luka baru, luka borok, eksim, bisul; bengkak disengat lipan/lebah, gigitan ular bisa, dan rambut rontok.  Kandungan asam jawa disajikan pada Tabel 2.

                       Tabel 2, Komposisi kimia Asam Jawa
Komponen Kadar per 100 gram
Kalori 239 kal
Protein 2,8 gram
Lemak 0,6 gram
Hidrat arang 62,5 gram
Kalsium 74 miligram
Fosfor 113 miligram
Zat besi 0,6 miligram
Vitamin A 30 SI
Vitamin B1 0,34 miligram
Vitamin C 2 2 miligram
Dengan menggabungkan dua jenis bahan baku ini akan tercipta minuman berkhasiat yang mengandung banyak manfaat. Untuk tahu lebih jelas tentang pembuatan produk ini bisa hubungi saya.

1 comment:

Unknown said...

wahh sangat menginspirasikan sekali bagi saya untuk dapat membuka usaha minuman teh asam jawa. berkenankah kakanda untuk membagikan ilmunya kepada saya??

Post a Comment

Daftar PTC Neobux