.: PENAWARAN USAHA TERBARU SAAT INI :.

Bensin Blog ini

12 December 2009

Jelly Ubi Jalar


Ubi jalar memiliki rasa yang khas dan enak. Selain itu ubi jalar juga mengandung komponen non-gizi yang berguna bagi tubuh, contohnya adalah oligosakarida yang berguna sebagai nutrisi bagi bakteri baik dalam tubuh (probiotik) . Kandungan oligosakarida berfungsi sebagai sumber prebiotik bagi bakteri probiotik seperti Lactobacillus sp. dan bifidobacterium yang dapat membantu mengatasi prevelensi terhadap penyakit kanker kolon dan gangguan saluran pencernaan. Selain itu kandungan oligosakarida juga sangat baik untuk mempertahankan berat badan yang ideal.

Manfaat ubi jalar sangatlah banyak, sehingga diperlukan suatu inovasi teknologi untuk mengolah ubi jalar menjadi produk pangan fungsional yang mudah dikonsumsi, praktis dan bermanfaat. Pada saat ini teknologi yang sedang dikembangkan adalah pembuatan permen jelly berbahan baku ubi jalar sebagai salah satu produk konfeksioneri. Teknologi proses tersebut dirasakan cocok untuk menjawab kebutuhan masyarakat. Hal ini dikarenakan produk berupa permen merupakan produk yang disukai oleh berbagai kalangan dan praktis untuk dikonsumsi.
Permen jelly sebagai produk prebiotik yang menjadi nutrisi bagi bakteri baik dalam tubuh, mencegah kanker pada saluran pencernaan (kanker kolon), melancarkan pencernaan dan dapat mempertahankan berat ideal. Oleh karena itu, produk permen jelly berbahan dasar ubi jalar perlu dikembangkan dan direalisasikan agar masyarakat dapat memperoleh berbagai manfaat yang dimilikinya.

Komposisi Kimia Ubi Jalar Per 100 gram Bahan Segar

Komposisi

Jumlah

Ubi jalar putih

Ubi jalar merah

Kalori (Kal)

123

123

Protein (g)

1,8

1,8

Lemak (g)

0,7

0,7

Karbohidrat (g)

27,9

27,9

Kalsium (mg)

30

30

Fosfor (mg)

49

49

Zat besi (mg)

0,7

0,7

Vitamin A (SI)

60

7.700

Vitamin B1 (mg)

0,9

0,9

Vitamin C (mg)

22

22

Air (g)

68,5

68,5

Bagaian yang dapat dimakan (%)

86



Proses Pembuatan / Produksi

Pembuatan permen jelly ubi jalar ini diawali dengan pembuatan ekstrak dari ubi jalar. Tahapannya adalah sebagai berikut :
  1. Ubi jalar dikupas dan dibersihkan
  2. Ubi yang telah dikupas diblender
  3. Hasil blender ini disaring sehingga terpisah ampas dan ekstraknya
Tahap berikutnya ialah pemasakan ekstrak ubi jalar ditambah gula pasir pada suhu 800C, sementara pada tempat lain disiapkan larutan gelatin dan larutan gula invert. Pembuatan larutan gelatin adalah dengan melarutkan gelatin di dalam air pada suhu sekitar 800C sehingga gelatin tercampur sempurna. Sedangkan pembuatan gula invert adalah dengan menghidrolisis larutan gula dengan asam sitrat.

Kemudian larutan gelatin dan larutan gula invert tersebut dimasak bersama adonan ekstrak ubi pada suhu sekitar 100 0C sehingga adonan mengental.

Adonan yang kental ini kemudian dituang ke dalam cetakan dan ditiriskan, lalu dimasukkan ke dalam lemari pendingin dengan suhu 5 0C selama 24 jam. Tahap akhir adalah pengemasan permen jelly ini dengan melapisinya dengan bahan tepung dan gula pasir kemudian dikemas dalam kemasan plastik atau kaleng.

1 comment:

Anonymous said...

tolong jawabannya dikirim d real_ibnu@yahoo.co.id saja, tanya,
1.Apa guna gelatin dan gula invert
2.bagaimana cara menghidrolisis larutan gula dengan asam sitrat? atau sudah ada di pasaran
3. Lalu bagaimana bila ingin membuat jelly sprti "okky jelly drink"?
mohon bantuannya..

Post a Comment

Daftar PTC Neobux